Pasangan Gus Irawan P - Soekirman Di Prediksi Bakal Menangkan Pilgubsu

Saturday, January 19, 20130 comments

MeOneNEWS/Sumut - Pasangan Nomor 1 Gus Irawan-Soekirman ( GusMan ) diprediksi akan memenangkan pertarungan dalam Pilgubsu 2013. Alasannya, di mata pemilih pasangan yang populer dengan sebutan "Gus-Man" ini lebih kompeten, merakyat, dan berpenampilan menarik. Elektabilitasnya (keterpilihannya) mencapai 39 % suara, jauh mengungguli 4 pasangan lainnya.

Prediksi ini datang dari Komunitas Dosen untuk Pilgubsu Berkualitas (Komdos UPB) setelah melakukan survei 3-6 Januari 2013 di 33 kabupaten/kota. Rabu (16/01/2013) siang. "Pasangan GusMan sangat diterima di hampir semua daerah tingkat dua. Dari hasil survei kami, perolehan suaranya juga sangat signifikan untuk memenangkan Pilgubsu 2013 ini," ujar Yulhasni, juru bicara Komdos UPB.

Saat itu hadir juga M Erwin Nasution, Koordinator Komdos UPB, dan sekretarisnya Arifin S, serta Tri Noviandi, penggagas dan juga fasilitator survei dari Yogjakarta. Komdos UPB adalah komunitas independen yang dimotori beberapa dosen PTN/PTS yang ada di kota Medan dan daerah tingkat dua lainnya di Sumut yang mendapat dukungan dan fasilitas dari salah satu lembaga di Yogyakarta. Yulhasni yang mengajar di UMSU melanjutkan, tingginya elektabilitas Gusman terlihat ketika diajukan pertanyaan tertutup: Jika hari ini dilaksanakan pencoblosan Pilgubsu, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih, hasilnya pasangan nomor 1 (Gus-Soekirman) mendapat 39 % suara, kemudian diikuti pasangan nomor 5 (Gatot-T Erry) 29 %, pasangan nomor 2 (Effendi Simbolon-Djumiran) 17 %, pasangan nomor 4 (Amri (RE Nainggolan) 8 %, dan pasangan nomor 3 (Chairuman-Fadly) 7 %.

Dalam laporannya, Komdos UPB menyatakan survei dilakukan dengan pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error (toleransi kesalahan) 4%, dengan tingkat kepercayaan 95 %. Setiap responden yang terpilih diwawancarai oleh tim yang sebelumnya sudah mendapat pembekalan. Quality Control dilakukan dengan random terhadap 20% dari total sampel, dengan cara mengkonfirmasi ulang responden terpilih (spot check). Dalam Quality Control tidak ditemukan kesalahan yang berarti. Survei Komdos UPB juga menemukan bahwa di antara pasangan Cagub-Cawagubsu yang akan bertarung dalam Pilgubsu saat ini, pasangan Gus-Man merupakan pasangan yang terpopular yaitu memperoleh suara 97,2 %, dengan tingkat kesukaan 74,6 %, dan elektabilitas tertutup 39 %.

Hasil survei Komdos UPB ini juga sejalan dengan fakta yang ditemukan di tengah masyarakat. Hasil bincang-bincang (wawancara) tim dengan anggota masyarakat di beberapa daerah yang selanjutnya dijadikan sebagai alat untuk analisis kualitatif, menunjukkan bahwa pasangan Gus-Man lebih diterima masyarakat karena memiliki faktor pendukung dibanding pasangan calon lainnya. "Faktor pendukung itu selanjutnya kami sebut dengan sebutan kekuatan idiologi, kekuatan personality dan kekuatan kompetensi," jelas Yulhasni.

Dari sisi ideologi, pasangan ini memiliki ideologi kerakyakatan dan ini tercermin dari konsep pembangunannya yang pro rakyat, terukur, dan visioner. Dari sisi personality, pasangan ini berpenampilan menarik, murah senyum dan sangat humanis. Bahkan beberapa pemilih menyatakan sangat suka dengan senyuman Gus Irawan yang sama sekali tidak dibuat-buat. Pasangan ini juga sangat kompetens dan kompetensi yang dimiliki keduanya, tidak perlu diragukan lagi, karena dari latar belakang pendidikan dan karir birokrat keduanya sudah jelas terbukti di tengah masyarakat.

Tri Noviandi, fasilitator survei dari Yogjakarta menambahkan, survei bukan harga mati dan bisa saja berubah sampai hari H. Tapi lanjutnya, perolehan suara yang dimiliki Gusman sangat signifikan, apalagi jaraknya dengan peringkat dua relatif jauh. "Jika tidak ada hal yang luar biasa, dan melihat hasil survei tersebut, pasangan nomor 1 berpeluang besar memenangkan Pilgubsu 2013 dalam satu putaran". (Copyright.Sumber)
Share this article :

KESEHATAN

More on this category »
 
Support : Creating Website | meoneNEWS | meoneNEWS Blog
Copyright © 2011. ME ONE NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger