Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Menguat dan Terbaik di Asia

Friday, September 7, 20180 comments


MON - Pada Penutupan Jumat, Rupiah menguat dan terbaik di Asia, Bank Indonesia (BI) mencatat Rupiah pada jumat 7 Septermber 2018 ditutup pada Level 14.820 yang sama dengan menguat sebesar 0,47% dari level penutupan sebelumnya Rp.14.890 yang menjadikan Penguatan tertinggi pada hari ini di Asia. Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (Nanang Hendarsah) mengatakan bahwa Penguatan Rupiah pada hari ini terjadi ditengah sentimen positif dari melemahnya Dollar AS yang dipengaruhi oleh berita bahwa Donald Trump mengecam Perang Dagang dengan Jepang dan juga didorong oleh Penguatan GBP atas Ekspektasi Perkembangan positif dari Proses Negosiasi Brexit.


Selain itu, pelemahan dollar AS juga dipengaruhi oleh rilis data US yang mixed (US Factory Orders dan Markit US Services yang melemah vs US ISM Non Manufacturing yang menguat) menjelang rilis data ketenagakerjaan malam ini dimana US Nonfarm Payroll dan Unemployment Rate diekspektasikan membaik. "Pada sesi siang rupiah sempat mengalami tekanan pelemahan karena tingginya permintaan valas oleh Korporasi dan Repositioning Dana Portfolio Asing dari Obligasi dan Saham," kata Nanang, Jumat (7/9). "Untuk menjaga momentum positif dan memperkuat kepercayaan terhadap rupiah, Bank Indonesia hari ini tetap berada di pasar," lanjutnya.

Nanang menambahkan, rupiah selanjutnya menguat mendorong terjadinya masuknya kembali portofolio dana asing ke SBN. Pada sesi siang tercatat net inflows ke SBN sebesar Rp 200 miliar. Selain didorong penguatan rupiah, menurut Nanang, masuknya dana asing juga didukung oleh imbal hasil SBN yang sudah sangat menarik. Yield SUN 10 thn (seri FR 64) misalnya, hari ini ditutup di 8,47%, turun 7 basis poin (bps) dari level penutupan kemarin. Bila dibandingkan dengan yield US Treasury Bond 10 tahun selisihnya sudah cukup lebar di 558,27 bps.
Share this article :

KESEHATAN

More on this category »
 
Support : Creating Website | meoneNEWS | meoneNEWS Blog
Copyright © 2011. ME ONE NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger